Materi Pramuka: Peraturan Baris Berbaris

Materi Pramuka: Peraturan Baris Berbaris

Materi Pramuka: Peraturan Baris Berbaris - Sejarah baris-berbaris pertama kali dikenal pada zaman kekaisaran romawi pada saat kaisar Junius Caisar dengan tujuan agar pasukan yang berada di bawah kekuasaannya mempunyai rasa tanggung jawab, disiplin yang tinggi, dengan melihat hasil akhir yaitu kekompakan, kerapian, ketertiban, dan kesigapan.

Pengertian
Suatu wujud latihan fisik dan menanamkan displin, patriotisme, tanggung jawa, serta membentuk sikap lahir dan batin yang diarahkan pada terbentuknya perwatakan tertentu.

Maksud dari PBB
1. Maksud umum
Suatu latihan bela negara yang dapat membedakan hak dan kewajiban.

2. Maksud khusus
Menanamkan rasa disiplin, mempertbal rasa semangat kebersamaan.

Tujuan
1. Menumbuhkan sikap jasmani yang tegak dan tangkas, disiplin sehingga sedemikian senantiasa dapat mengutamakan kepentungan tugas diatas kepentingan individu dan secara tidak langsung menanamkan rasa tanggung  jawab.
2. Menumbuhkan adalah mengharapkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas tersebut sampai dengan sempurna.
3. Rasa persatuam ,aksudnya rasa senasib sepenanggungan adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.
4. Disiplin maksudnya mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu dan hakikatnya tidak lain daripada keikhlasan, penyisihan, atau menyisihkan pilihan-pilihan hati sendiri.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama